Translate

Henry Ford

Henry Ford

Pendiri Ford Motor Company

Henry Ford  adalah seorang pengusaha Amerika pendiri Ford Motor Company salah satu orang terkaya dan paling terkenal  di dunia. Ia  dianggap berjasa dalam menciptakan kelas menengah di masyarakat Amerika. Ia termasuk yang pertama menerapkan sistem produksi ban berjalan dalam produksi massal mobil yang terjangkau harganya.


Ford memiliki visi global, dengan konsumerisme sebagai kunci perdamaian. Komitmen yang kuat untuk secara sistematis menurunkan biaya menghasilkan banyak teknik dan inovasi, termasuk sistem waralaba yang menempatkan dealer di sebagian besar Amerika Utara dan di kota-kota besar di enam benua. Prestasi ini tak hanya merevolusi produksi industrial, tetapi juga memberi pengaruh besar pada budaya modern, sehingga banyak teoritikus sosial menamai fase sejarah ekonomi dan sosial ini sebagai "Fordisme".

Ford juga memiliki kepedulian sosial yang besar dengan mendirikan Ford Foundation, sebuah yayasan sosial besar di dunia. Ford meninggalkan sebagian besar kekayaannya untuk Ford Foundation dan keluarganya meneruskan untuk mengendalikan perusahaan secara permanen.


Henry Ford
Biografi  Henry Ford
NamaHenry Ford
Tempat / tgl lahirGreenfield Township, Dearborn, Michigan, Amerika Serikat, 30 Juli 1863
PekerjaanInsinyur, Pengusaha
 Kewarganegaraan  Amerika Serikat
IsteriClara Jane Bryant
AnakEdsel Ford
Perusahaan
Ford Motor Company
Agama
Kristen Protestan
WafatFair Lane, Dearborn, Michigan,US
07 April 1947 (umur 83)


Riwayat Henry Ford

Henry Ford lahir 30 Juli 1863, di sebuah peternakan di Greenfield Township, Michigan. Ayahnya, William Ford (1826-1905), berasal dari County Cork, Irlandia, keturunan sebuah keluarga yang berasal dari Somerset, Inggris.  Ibunya, Maria Ford  (1839-1876), lahir di Michigan sebagai anak bungsu dari imigran Belgia. Orang tuanya meninggal ketika dia masih kecil dan dia diadopsi oleh tetangga keluarga  O'Herns. Henry Ford memiliki tiga orang saudara, yaitu Margaret Ford (1867–1938), Jane Ford (1868–1945), William Ford (1871–1917) dan Robert Ford (1873–1934).

Ketika remaja Ayahnya memberinya sebuah jam saku, Ford kemudian membongkar pasang jam sakunya berkali-kali dan mempelajari reperasi jam.  Ford kemudian mulai menunjukkan kemampuannya ke lingkungan sekitar, sehingga ia mendapatkan reputasi sebagai ahli memperbaiki jam. Ayahnya mengharapkan dia akhirnya mengambil alih peternakan keluarga, tapi ia tidak suka pekerjaan itu.

Pada tahun 1879, Ford bekerja sebagai masinis magang di Detroit Pada tahun 1882, ia kembali ke Dearborn untuk bekerja di pertanian keluarga, di mana ia menjadi mahir mengoperasikan mesin uap Westinghouse portabel. Dia kemudian kontrak oleh Westinghouse di layanan mesin uap mereka. Selama periode ini Ford juga belajar pembukuan di Goldsmith, Bryant Stratton Business College di Detroit

Ford menikahi Clara Ala Bryant (1866–1950) pada tahun 1888. Untuk menghidupi keluarganya, ia bekerja sebagai petani dan menjalankan usaha pemotongan kayu. Dari istrinya ini, merekadikaruniai seorang anak Edsel Ford (1893–1943).

Pada tahun 1981 Ford bergabung di Edison Illuminating Company bakat alami membuatnya mendapatkan promosi ke chief engineer. Setelah ia mendapat promosi menjadi Kepala Insinyur, ia memiliki cukup waktu dan uang untuk memusatkan perhatiannya ke eksperimen pribadi pada mesin berbahan bakar bensin. Melalui eksperimen tersebut, ia berhasil menciptakan mesin yang ia sebut sebagai Ford Quadricycle pada tahun 1896. Mesin tersebut ia uji coba sendiri pada 4 June. Ford terus menjalankan uji coba untuk memperbaiki mesinnya tersebut.

Pada tahun 1896, Ford menghadiri pertemuan dengan para eksekutif  Edison,  ia diperkenalkan langsung ke Thomas Edison. Edison merestui eksperimen otomobil tersebut bahkan mendorongnya untuk merancang dan membuat kendaraan kedua, yang ia selesaikan pada tahun 1898. Tak lama, ia mendapatkan pendanaan dari William H. Murphy, pengusaha kayu asal Detroit, dan memutuskan keluar dari Edison Company untuk mendirikan Detroit Automobile Company pada 5 Agustus 1899. Namun, kualitas kendaraan yang diproduksi perusahaan tersebut rendah sementara harganya yang relatif mahal. Akhirnya perusahaan tersebut bangkrut dan dibubarkan pada Januari 190.

Ford bekerja sama dengan C. Harold Wills, merancang ulang dan membangun kendaraan, kerjasama itu membuahkan hasil sebuah mobil dengan 26 tenaga kuda pada bulan Oktober 1901. Dengan keberhasilan ini, Murphy dan pemegang saham lainnya di Detroit Automobile Company mendirikan Henry Ford Company pada 30 November 1901, dengan Ford sebagai chief engineer. Pada tahun 1902, Murphy membawa Henry M. Leland sebagai konsultan, tapi Ford menanggapinya dengan  meninggalkan perusahaan.  Setelah Ford keluar, Murphy mangganti nama perusahaannya menjadi Cadillac Automobile Company

Ford kemudian bekerja sama dengan mantan pembalap Tom Cooper, mereka membangun mobil balap dengan 80+ tenaga kuda untuk  pembalap "999" Barney Oldfield dalam kompetisi yang dilaksanakan pada bulan Oktober 1902. Ford menerima dukungan dari kenalan lama, Alexander Y. Malcomson, seorang  agen batubara dari Detroit.  Mereka membentuk kemitraan, "Ford & Malcomson, Ltd". untuk memproduksi mobil. Ford  merancang  mobil murah, mereka menyewa pabrik dan  bekerja sama dengan toko mesin yang dimiliki  John dan Horace E. Dodge sebagai pemasok mesin.  Penjualan yang lambat, menimbulkan konflik ketika Dodge bersaudara menuntut pembayaran untuk pengiriman pertama mereka.


Ford Motor Company 

Ford & Malcomson  membentuk Ford Motor Company pada tanggal 16 Juni tahun 1903, dengan modal awal $ 28.000. Mereka menarik invenstor lain untuk menanam modal yang terdiri dari investor asli  Ford dan Malcomson, Dodge brothers, Paman Malcomson's John S. Gray, sekretaris Malcolmson James Couzens, dan dua pengacara Malcomson, John W. Anderson dan Horace Rackham.

Ford kemudian menunjukkan dan rancangan mobil terbaru di  Danau es St Clair, dalam uji coba 1 mil (1,6 km) dalam 39,4 detik dan membuat rekor kecepatan darat baru di 91,3 mil per jam (146,9 kilometer per jam).  keberhasilan ini membuat merek Ford dikenal di seluruh Amerika Serikat.

Model T diperkenalkan pada tanggal 1 Oktober, 1908. mobil dengan kemudi sebelah kiri yang kemudian hari banyak ditiru oleh perusahaan lain. Seluruh mesin dan transmisi  tertutup dengan  empat silinder dalam blok yang solid, suspensi yang digunakan two semi-elliptic springs. Mobil itu sangat sederhana mudah dikendarai dan mudah untuk diperbaiki. Harganya sangat murah pada waktu itu dan  mayoritas driver Amerika belajar mengemudi di Model T.

Ford Model T

Ford menaikkan popularitas mobilnya dengan beriklan di surat kabar.  Dealer lokal abru dibuka  hampir setiap kota di Amerika Utara. Jaringan dealer merambah sampai kepedesaan untuk kalangan petani sebagai perangkat komersial untuk membantu bisnis mereka. Penjualan meningkat keuntungan meningkat 100%  dari tahun sebelumnya karena mereka berhasil dalam efisiensi biaya produksi dan perakitan. Pada tahun 1918, setengah dari semua mobil di Amerika adalah Model T.  hingga akhir 1927 Ford memproduksi hingga 15.007.034 unit. Catatan ini bertahan hingga 45 tahun kedepan setelah model T diperkenalkan

Pada bulan Desember 1918 Edsel Ford anaknya menjadi presiden Ford Motor Company dan Henry memegang otoritas keputusan akhir.  Henry dan Edsel kenudian membeli seluruh saham dari investor lainnya, sehingga kepemilikan tunggal perusahaan menjadi milik keluarga.

Pada pertengahan 1920-an, penjualan Model T mulai menurun karena meningkatnya persaingan. Kompetitior menawarkan kepemilikan mobil melalui mekanisme kredit dengan fitur mekanik yang lebih modern dan stylis yang tidak ada di Model T. Meskipun desakan dari Edsel, Henry menolak untuk memasukkan fitur baru ke dalam Model T atau membentuk pelanggan Rencana kredit.

Ford Model A

Karena penjualan mobil model T terun menurun Ford kemudian mengembangkan mobil model baru yang diberinama Ford model A. Ford model A diluncurkan pada bulan Desember 1927 dan mulai diproduksi sejak 1931. Hasilnya mereka sukses besar dengan total produksi lebih dari 4 juta unit. Selanjutnya Ford mengadopsi model tahunan dengan mengubah system dengan yang baru setiap tahun dan terus berkembang hingga saat ini.


Ford Airplane Company

Pada masa perang dunia I Frod memasuki bisnis penerbangan, Ford mengakusisi perusahaan penerbangan Stout Metal Airplane Company dari Spanyol. Ford sukses meluncurkan pesawat Ford 4AT Trimotor atau sering disebut "Tin Goose", karena menggunakan konstruksi logam yang bergelombang. Pesawat ini menggunakan paduan baru yang disebut alclad yang memadukan ketahanan korosi aluminium dengan kekuatan duralumin. Pesawat ini mirip dengan Fokker V.VII-3m dan beberapa kalangan menilaibahwa insinyur Ford diam-diam menjiplak pesawat Fokker.

Ford 4-AT-F (EC-RRA)

Trimotor pertama terbang pada tanggal 11 Juni 1926, menampung sekitar 12 penumpang dan merupakan pesawat penumpang AS pertama yang sukses. Beberapa varian juga dikembangkan untuk  digunakan Angkatan Darat AS. 199 Trimotors diproduksi sebelum akhirnya dihentikan pada tahun 1933, ketika Ford Airplane Divisi ditutup karena penjualan yang buruk selama Great Depression.


Akhir Hayat

Henry Ford mendirikan  Ford Foundation pada tahun 1936 untuk meningkatkan kesejahteraan manusia melalui dana penelitian, hibah pendidikan dan pembangunan. 

Henry Ford meninggal karena pendarahan otak pada tanggal 7 April 1947, pada usia 83 tahun dan dimakamkan di Pemakaman Ford di Detroit. Ford, dianggap sebagai salah satu pengusaha terkemuka Amerika, yang membantu membangun ekonomi bangsa Amerika. Warisannya akan hidup selama beberapa dekade yang akan datang.

The Biography Info

Rujukan; wikipedia
Previous
Next Post »