Translate

Dwight D. Eisenhower

Dwight D. Eisenhower


Dwight David Eisenhower,  atau juga dikenal dengan nama panggilan "Ike", tentara dan politikus Amerika. Ia menjabat Presiden Amerika Serikat ke-34 (1953–1961). Eisenhower adalah satu-satunya presiden yang pernah berdinas dalam Perang Dunia I maupun Perang Dunia II.

Pada Perang Dunia II, ia adalah Panglima Tertinggi Sekutu di Eropa dengan pangkat Jenderal Angkatan Darat yang memainkan peran utama dalam membasmi Nazi Jerman. Setelah akhir Perang Dunia 2, ia terpilih sebagai panglima tertinggi pertama NATO.


Biografi David Dwight Eisenhower
NamaDavid Dwight  Eisenhower
Tempat / tgl lahirDenison, Texas 14 Oktober 1890
PekerjaanTentara, Politikus, Presiden
KewarganegaraanAmerika
Pendidikan



Command and General Staff School, United States Military Academy at West Point, Abilene High School
Jabatan
Jabatan
IsteriMamie Doud Eisenhower
Anak


Doud Eisenhower dan John Eisenhower

Partai Politik
Republik



WafatWashington, D.C. 28 Maret 1969 (umur 78)


Riwayat Dwight D. Eisenhower

Dwight D. Eisenhower lahir pada 14 Oktober 1890, di Denison, Texas, David Jacob Eisenhower dan Ida Elizabeth Stover Eisenhower. Dwight adalah anak ketiga dari tujuh putra orangtuanya. Orang tuanya pindah dari Abilene, Kansas, ke Denison, Texas, sebelum ia lahir. Di Denison, keluarga itu tinggal di sebuah rumah kecil di dekat rel kereta api. Ayahnya David bekerja membersihkan mesin kereta untuk mencari nafkah.

Ketika Dwight berusia satu setangah tahun, keluarganya pindah kembali ke Abilene sehingga David bisa mengambil pekerjaan yang lebih baik di adik ipar creamery itu nya.

Di Abilene, saudaranya yang berusia sepuluh bulan lebih tua Dwight Paul meninggal karena difteri ketika Dwight berusia 4 tahun. Meskipun demikian, masa kecil Dwight dilalui dengan bahagia di Abilene dan ia sangat  berharga sepanjang hidupnya. Di antaranya adalah hari-harinya bermain bisbol dan sepak bola di SMA Abilene .

Setelah Eisenhower lulus dari sekolah tinggi pada tahun 1909, ia bergabung ayah dan pamannya di Belle Springs Creamery sementara juga bekerja sambilan sebagai petugas pemadam kebakaran. Eisenhower menggunakan uang yang diperolehnya untuk membayar biaya kuliah adik-adiknya Edgar di University of Michigan. Saudara-saudara memiliki kesepakatan: Setelah dua tahun, mereka akan beralih tempat-dengan Edgar kemudian bekerja untuk mendukung pendidikan tinggi Eisenhower. Namua Edgar meninggal dunia sebelum kesepakatan itu tercapai.ia tidak pernah hidup sampai akhir nya dari kesepakatan.

Pada tahun 1911, Dwight bergabung di Akademi Militer Amerika Serikat di West Point, New York. Dia adalah seorang bintang di lapangan sepak bola di akademi tersebut, sampai serangkaian cedera lutut memaksanya untuk berhenti bermain. Pada tahun 1915, Eisenhower lulus dari West Point, dan ditugaskan sebagai letnan dua.

Karir Militer

Setelah lulus, Eisenhower ditempatkan di Texas, di mana ia bertemu dan mulai berkencan  Mamie Jenewa Doud yang berusia 18 tahun dari Denver, Colorado. Pasangan itu menikah sembilan bulan kemudian, pada tanggal 1 Juli 1916. Eisenhower dipromosikan menjadi letnan pertama pada hari pernikahannya. Pada tahun 1917, Mamie melahirkan anak pertama pasangan itu, Doud Dwight. 
Pada tahun yang sama, Amerika Serikat memasuki Perang Dunia I. Meskipun Eisenhower berharap akan ditugaskan di luar negeri, ia bukan ditunjuk untuk menjalankan pusat pelatihan Tank di Camp Colt di Gettysburg, Pennsylvania. Sepanjang perang dan sesudahnya, Eisenhower terus meningkat melalui pangkat. Pada 1920, ia dipromosikan menjadi besar, setelah sukarela untuk Korps Tank, di Departemen Perang pertama benua bermotor konvoi, tahun sebelumnya.

Pada tahun 1921, tragedi terjadi di rumah, ketika anak sulung Eisenhower, Doud Dwight, meninggal karena demam berdarah pada usia 3. Mamie melahirkan anak kedua, John Sheldon Doud, pada tahun 1922. Tahun itu, Eisenhower diasumsikan peran dari pejabat eksekutif General Fox Conner di Zona Terusan Panama. Pada tahun 1924, atas desakan Conner, Eisenhower diterapkan ke sekolah pascasarjana bergengsi Angkatan Darat, Komando dan Staf Umum Sekolah di Ft. Leavenworth, Kansas, dan diterima. Dia lulus pertama di kelasnya dari 245 pada tahun 1926, dengan reputasi yang kuat untuk kecakapan militernya.

Dari 1927-1929 Eisenhower melakukan tur dan dilaporkan untuk Departemen Perang, di bawah Jenderal John Pershing. Setelah menyelesaikan tur pada tahun 1929, Eisenhower diangkat ajudan militer kepala di bawah Jenderal Douglas MacArthur. Dari 1935-1939 Eisenhower bertugas di bawah MacArthur sebagai penasihat militer asisten Filipina. Eisenhower kembali ke Amerika Serikat pada awal 1940.

Selama dua tahun berikutnya ia ditempatkan di California dan Washington state. Pada tahun 1941, setelah transfer ke Fort Sam Houston, Eisenhower menjadi kepala staf Angkatan Darat Ketiga. Eisenhower segera dipromosikan menjadi brigadir jenderal untuk kepemimpinannya dari Louisiana manuver. Akhir tahun itu ia dipindahkan ke divisi Rencana Perang di Washington, DC Pada tahun 1942, ia dipromosikan menjadi mayor jenderal. Hanya bulan kemudian, ia menjadi komandan-in-chief dari Angkatan Sekutu dan memimpin Operasi Torch, invasi Sekutu di Afrika Utara.

Pada D-Day, 6 Juni 1944, Eisenhower memerintahkan pasukan Sekutu dalam invasi Normandia. Pada bulan Desember tahun itu ia dipromosikan ke peringkat bintang lima. Setelah penyerahan Jerman pada tahun 1945, ia diangkat menjadi gubernur militer dari AS Pendudukan Zone. Eisenhower kemudian kembali ke rumah untuk Abilene dan menerima menyambut pahlawan. Beberapa bulan kemudian, dia ditunjuk sebagai kepala Angkatan Darat AS staf. Pada tahun 1948, ia terpilih sebagai presiden dari Columbia University, posisi yang dipegangnya sampai Desember 1950, ketika ia memutuskan untuk meninggalkan Columbia untuk menerima janji sebagai pertama Panglima Tertinggi Sekutu dari Pakta Pertahanan Atlantik Utara. Sementara di Paris dengan NATO, Eisenhower didorong oleh utusan Partai Republik untuk mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat.
AS Kepresidenan

Pada tahun 1952 Eisenhower pensiun dari dinas aktif dan kembali ke Abilene untuk mengumumkan pencalonannya untuk nominasi Partai Republik. Pada tanggal 4 November, 1952, setelah memenangkan pemilu dengan telak, Eisenhower terpilih sebagai presiden ke-34 Amerika Serikat. Kebijakan domestik nya mengambil tempat Roosevelt New Deal dan program Fair Deal tinggalkan. Dalam kebijakan luar negeri, Eisenhower membuat mengurangi ketegangan Perang Dingin melalui negosiasi militer fokus utama pemerintahannya.

Pada tahun 1953 ia mengatur gencatan senjata yang membawa perdamaian ke perbatasan Korea Selatan. Juga pada tahun itu, Eisenhower membuat nya terkenal "Atom untuk Perdamaian" pidato di Majelis Umum PBB. Amerika Serikat dan Rusia telah baik baru-baru ini dikembangkan bom atom, dan pidato dipromosikan menerapkan energi atom untuk tujuan damai, daripada menggunakannya untuk persenjataan dan perang. Pada tahun 1955, Eisenhower bertemu dengan Rusia, Inggris dan Perancis pemimpin di Jenewa untuk lebih memadamkan ancaman perang atom.

Pada tahun 1956 Eisenhower adalah seorang terpilih kembali untuk masa jabatan kedua, menang dengan margin lebih lebar dari pada pemilu pertamanya, meskipun fakta bahwa ia baru saja sembuh dari serangan jantung. Selama masa jabatannya yang kedua, Eisenhower terus mempromosikan Atom nya untuk program Peace. Dalam jangka kedua, ia juga bergulat dengan krisis di Libanon dan Suez.

Prestasi selama dua istilah nya termasuk membuat Badan Informasi AS, dan membangun Alaska dan Hawaii sebagai negara. Eisenhower juga mendukung penciptaan Interstate Highway System selama waktunya di kantor. Perbedaan yang lain termasuk menandatangani Undang Hak Sipil tahun 1957 dan mendirikan Komisi Hak-Hak Sipil permanen. Eisenhower adalah tambahan yang bertanggung jawab untuk menandatangani tagihan untuk membentuk Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA).

Siap untuk meninggalkan kantor pada bulan Januari 1961, Eisenhower memberikan alamat perpisahan televisi di mana ia memperingatkan bangsa terhadap bahaya Perang Dingin "kompleks industri militer."

Kehidupan kelak

Setelah kepresidenannya, Eisenhower pensiun ke rumah di Gettysburg dengan istrinya, Mamie. Meskipun ia telah mengundurkan diri komisi sebagai umum ketika ia menjadi presiden, ketika ia meninggalkan kantor penggantinya, Presiden Kennedy, diaktifkan kembali komisinya. Dia juga terus kantor di Gettysburg College untuk sisa hidupnya, di mana ia mengadakan pertemuan dan menulis memoarnya.

Eisenhower meninggal pada tanggal 28 Maret 1969, di Walter Reed Army Hospital di Washington, DC, setelah periode panjang menderita penyakit yang berhubungan dengan jantung. Selain pemakaman kenegaraan di ibukota negara, pemakaman militer digelar di kampung halaman tercinta Eisenhower dari Abilene, Kansas.
Newest
Previous
Next Post »